Jumat, 24 Februari 2012

Sambutan Kepsek MIN Botteng Dalam Peringatan Maulid nabi Muhammad SAW 1433 H


 الحمد لله الذي حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك  اللهم صل وسلم وبارك على رسوله محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله واصحابه ومن تبع هداه
امابعد
Yang terhormat Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Sulbar, dalam hal ini diwakili oleh Oleh Kabag TU, H. Muhammad Dinar Faisal, S. Ag, M.Si

Yang terhormat Sesepuh dan orang tua kita, H. Sahabuddin Kasim, M.Si, mantan Kakanwil Kemenag Prov. Sulbar, sekaligus Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Prov. Sulbar

Yang terhormat Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mamuju yang diwakili oleh Kepala Seksi Mapenda, Bapak Adhar, S.Ag. M.A.P

Yang terhormat Bapak Pengawas, kepala sekolah dan kepala madrasah serta hadirin para undangan yang hadir pada kesempatan ini.

 Pertama-tama  saya mengucapkan selamat datang kepada hadirin dan hadirat sekalian  yang telah berkenan datang menghadiri undangan kami sehingga terbentuklah pertemuan yang tulus dan penuh rasa persaudaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Botteng.
Kedua, saya juga mengucapkan selamat datang bulan Rabi'ul Awal, yaitu bulan kelahiran Baginda Nabi Besar Muhammad bin Abdillah SAW, sekaligus merupakan salah satu penggalan masa yang sangat agung. Sejarah mencatat, Hijrah Nabi SAW dari Mekkah ke Madinah juga terjadi pada hari pertama Rabi'ul Awal sehingga menjadi awal penanggalan bulan Hijriah umat Islam. Oleh karena itu, bulan ini adalah Rabi'ul Maulud sekaligus Rabi'ul Hijrah. Bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW dan bulan terjadinya Hijrah dari Mekah ke madinah.

 
Hadirin yang dimuliakan Allah SWT…………………..
Sekitar 6 bulan lalu, saya pertama kali menginjakkan kaki di bumi Botteng ini, telah bersatu dengan masyarakat sekitar. Alhamdulillah, dapat berbaur bersama dalam rangka mengembangkan dan memajukan Madrasah kita ini. Ucapan terimakasih banyak saya haturkan kepada masyarakat Botteng karena telah ikut berpartisipasi, paling tidak, memberi motivasi anak-anak di rumah sehingga mereka rajin berangkat ke madrasah setiap hari. 
Sekaligus saya ucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu guru serta staf dan komite sekolah yang tulus membimbing dan mengajar anak-anak, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan nyaman sebagaimana yang kita harapkan bersama.  Betapa mulia dan agung pekerjaan ini, bagi mereka yang menyadari. Yang tidak kalah penting, Keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Botteng, menyampaikan terimakasih banyak kepada kepala kantor kementerian agama provinsi Sulawesi Barat beserta jajarannya dan kepala Kementerian agama kabupaten Mamuju beserta stafnya, yang telah memperhatikan dan membimbing kami, demi peningkatan pelayanan di madrasah ini

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT…………….……….
Selanjutnya, demi peningkatan kinerja guru-guru dan peningkatan prestasi belajar anak didik di sekolah umum yang berciri keagamaan ini, kita telah sepakat melaksanakan 2 program unggulan, yaitu, membiasakan mengaji Magrib (Gemmar) yang telah menjadi program kementerian Agama secara nasional. Selain itu, secara intern, madrasah menetapkan pula program unggulan kedua yang dikenal dengan nama Gemar Mengaji Pagi (Gema Pagi). 
Gemar Mengaji Magrib (Gemmar) sebagai program nasional kementerian ini, telah dimaklumi bersama. Melalui program ini diharapkan, siapapun yang tergabung di kementerian ini, menyempatkan mengaji dan mengkaji al-Qur’an atau mengajarkannya menjelang atau sesudah Shalat Magrib. Adapun program unggulan lokal, yaitu Gemar Mengaji Pagi (Gema Pagi) dilaksanakan pada jam-jam pertama pembelajaran setiap pagi. Bentuk pelaksanaannya, siswa-siswi dibentuk secara berkelompok yang dibimbing secara privat oleh guru yang telah ditunjuk. Seluruh guru dan staf dalam program ini diwajibkan memberikan kontribusi, mengajar siswa-siswi membaca Al-qur’an. Secara sederhana bentuk kegiatan ini, mirip dengan bimbingan mengaji IQRO’ yang telah umum di masyarakat.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT………………………
Sebagai Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Mamuju, madrasah ini memperoleh pendanaan lebih dibandingkan madrasah-madrasah swasta. Menyadari hal ini, maka segenap warga MIN Botteng, mulai dari kepala sekolah, guru, staf sampai komite,  memikul amanah yang sangat berat tetapi sangat mulia, yaitu mengantar anak didik kita mampu memahami ilmu pengetahuan agama dengan indikator mampu membaca Al-Qur’an, melaksanakan shalat lima waktu dan kewajiban sehari-hari lainnya serta mahir pengetahuan umum, untuk bekal melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
Sebelum mengakhiri sambutan ini, kami memohon kesediaan Bapak kepala kantor Kementerian Agama Sul-bar, untuk memberikan sambutan sekaligus meresmikan berdirinya Madrasah Diniyah (MADIN) Hikmat Botteng dan Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA) Hikmat Nurul Huda di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Botteng. Dua Lembaga pendidikan tersebut didirikan dalam rangka mendukung proses pembelajaran di madrasah ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah swt…………………
Akhirnya, selaku kepala sekolah mewakili teman-teman guru dan staf, memohon doa restu hadirin, semoga kami mampu mengemban amanah ini, karena kelak kami akan mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah SWT nanti, sekaligus pula mampu mempertanggungjawabkan sebagai lembaga formal di negeri ini.
Demikian sambutan ini, jika terdapat hal-hal yang tidak berkenan, kami mohon maaf.
Wassalamu alaikum war. Wb.
                                                         Botteng, 15 Februari 2012
       Kepala Sekolah MIN Botteng
                                  
                                  
         ttd

            Jamaluddin, S.Pd.I

2 komentar: