Sabtu, 11 Februari 2012

Memikirkan Berbeda Dengan Bertindak

Banyak pekerjaan yang mestinya kita selesaikan ternyata tidak terselesaikan. Di antara faktor penyebabnya, hanya sepele saja, seprti memikirkan pekerjaan itu, bagaimana , mengapa, untuk apa dan sebagainya. Seluruh faktor penghambat tuntasnya pekerjaan tersebut, karena hanya berhenti pada memikirkannya.

Berbeda dengan tindakan. Sekalipun tanpa pemikiran yang canggih amat, tapi berani bertindak biasanya rencana pekerjaan dapat dituntaskan.  Contoh, jika hendak membuat tulisan dengan judul tertentu, jika hanya memikirkan bagaimana menuliskannya, bagaimana alur pikirnya dan lain sebagainya, niscaya tulisan tidak akan rampun-rampung. Tetapi dengan pikiran sederhana namun berani memulai menulis, sinilah rahasia keberhasilan menulis diraih. Banyak orang hebat tetapi hebat berpikir, tidak hebat bertindak, sehingga ilmu dan pengetahuannya tidak teraktualisasikan. 

Maka, nasihat sederhana, mulailah memikirkan cita-ciat dengan cara bekerja, bukan sebaliknya memikirkan cita-cita saja lalu cukup. Ungkapan Arab yang terkenal al-harakahh barakah artinya bergerak itu membawa berkah. Maka bergeraklah, tulislah, kerjakanlah dan lakukanlah niscaya gerakan itu mampu mengundang pikiran aktif mencapai apa yang diinginkan. dan, itu telah dibuktikan oleh banyak orang.//Zul.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar