Kamis, 28 Februari 2013

Tersentuh………………….!!??

Alumni ke VII PTIFD Manarul Islam Bangil 1994
Di hari Jumat ini (1/03) kesadaranku tersentuh. Saya tak sanggup  menahan air mata. Bukan sedih karena kehilangan atau karena sebuah musibah. Mungkin juga sepeleh buat pembaca. Namun peristiwa sederhana ini mengingatkan puluhan atau dua puluhan tahun lalu. Teringat kembali saat-saat sedang semangat belajar dan menimba ilmu di pesantren Al-Ishlah  Desa Dadapan kecamatan Grujugan kab. Bondowoso tahun 1991-an (Jazaakumullaahu khairal-jazaa li asaatizatinaa). Kemudian berhijrah ke Pesantren Tinggi Ilmu Fiqh dan dakwah (PTIFD) di masjid manarul Islam Kecamatan Bangil Kotamadya Pasuruan Jawa Timur sekitar  tahun 1992-1994-an (Jazaakumullaahu khairal-jazaa li asaatizatinaa). Terbayang semua suka dan duka selama menuntut ilmu. Teringat kembali masa-masa sulit , belajar,  bermain dan berkumpul dengan teman-teman asrama dari berbagai provinsi di Indonesia. Semoga teman-teman telah berhasil mencapai cita-citanya……amin …….amin
Apa gerangan yang menyentuh kesadaranku? Ini dia. Hari Jumat ini, Meludi/Ahmad Dani yang masih belajar di Pesantren Al-Ihsan sekitar 300 meter dari masjid Imam Lapeo di Campalagian. Anak ini, alumni MIN Botteng sekitar empat tahun lalu, telah mampu menyampaikan khutbah Jumat dengan baik di Masjid nurul huda Adi-Adi Desa botteng Utara. Saya gembira, mengingat kampung Adi-Adi sangat membutuhkan kehadiran anak seperti ini. Sekali lagi sangat membutuhkan. Meskipun orang-orang tua  di kampung Adi-Adi tidak merasakan butuh, namun dalam lubuk hati dan kesadaranku, sebenarnya mereka sangat butuh.  
Melihat dan mendengarkan  Meludi/Ahmad Dani menyampaikan khutbah, teringat pula masa-masa belajar menyampaikan ceramah. Dengan semangat yang tidak sadar puluhan tahun lalu…… hehehe…. waktu itu juga saya belajar.  Maksudnya,  semangat tapi sekedar semangat dengan niat yang kosong, atau mungkin sudah ada niat baiknya waktu itu ya…….? Ndak tahu jugalah…………..Sekarang tinggal kenangan..
@Botteng,01/03/2013*Zulkifli Kambas…………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar