Kamis, 30 Agustus 2012

Hati-Hati Dengan Bacaan Al-Qur'anmu

Ada sebuah hadis yang patut direnungkan berkaitan dengn Al-Qur'an sebagai bacaan dan pedoman hidup. Hadis ini menggambarkan betapa  mereka yang berusaha menjaga Al-Qur'annya harus dengan kesungguhan dan kehati-hatian, agar Al-Qur'an tersebut tidak hilang. Hilang di sini maksudnya, tentu bukan kehilangan mushaf Al-Qur'an,  akan tetapi bacaan, pemahaman dan pengamalan lepas dari seseorang. Kalau diartikan mushafnya yang hilang, sampai hari ini kita tidak sulit mendapatkannya kembali. Di rumah, di sekolah, di masjid termasuk di toko-toko buku banyak dipajang mushaf Al-Qur,an. Hadis yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Jaga dan peliharalah Al-Qur'an, demi Allah sesungguhnya Al-Qur'an itu lebih cepat hilang daripada onta yang diikat dalam tambatannya. (Bukhari-Muslim).

Onta dalam tambatannya /ikatannya saja mudah hilang, apalagi yang tidak terikat sama sekali. Jika bacaan dan pemahaman mudah hilang dari diri, entah lupa atau karena tidak ada  spirit dan kekuatan ruhiyah Al-Qur'an di dalam kehidupan, maka secara prinsip keduanya dapat bermakna hilang. Inilah yang sering terjadi dan menimpa mereka yang aktif membaca al-Quran, tetapi tidak hati-hati sekaligus sungguh-sungguh menjaganya.  Seseorang mahir dan memiliki kemampuan BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an), namun wawasannya tidak mampu menerangi hidupnya. Dengan ungkapan lain, Al-Qur'an sebatas  penghias bibir belaka di forum resmi, di pertemuan dan rapat majlis al-Qur,an. Bahkan menjadi kebanggaan. Sementara isi kandungannya kita tidak peduli atau mungkin kita langgar. Nauzu billah min zalik. 

Mengingat Al-Qur'an demikian berharga bagi kehidupan kita, seharusnya dan memang itu wajib kita pelihara dan jaga. Paling tidak keinginan membaca terus ditumbuhkan dan berusaha mendalami isinya. Logikanya, jika membaca saja tidak pernah, apa mungkin mengamalkannya? Jika kebiasaan mengkajinya tidak tumbuh, tentu sangat jauh harapan mengamalkannya. Semoga tetap bersemi dalam keinginan membaca, mengkaji, mengamalkan dan mendakwakan ke teman, kerabat, tetangga dll  yang kita sayangi bahkan kepasa yang tidak suka sekalipun.//Zul......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar